Sumber gambar : https://unsplash.com/@syahrulaw

Selain konsentrasi belajar, kemandirian belajar merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran yang juga mempengaruhi hasil belajar siswa. Kemandirian belajar dapat melatih siswa bertanggung jawab dalam mendisiplinkan dan mengatur dirinya sendiri, serta melatih siswa mengembangkan kemampuan belajar atas kemauan sendiri. Fauzi (2011: 111) menyatakan pentingnya kemandirian dalam belajar karena tuntutan kurikulum agar siswa dapat menghadapi persoalan di dalam kelas maupun di luar kelas yang semakin kompleks serta dapat mengurangi ketergantungan siswa dengan orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Dari uraian di atas, maka konsentrasi belajar dan kemandirian belajar merupakan dua komponen penting dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penulis memandang perlunya kajian lebih lanjut tentang pentingnya konsentrasi dan kemandirian untuk meningkatkan hasil belajar.